1. Home
  2. Jenis Lomba
  3. 9. Pembelajaran Bernuansa Muatan Lokal

LOMBA PEMBELAJARAN BERNUANSA MUATAN LOKAL

Latar Belakang

Indonesia adalah bangsa yang kaya akan budaya, bahasa, kearifan lokal, dan potensi alam yang beragam di setiap daerah. Kekayaan tersebut tidak hanya menjadi identitas bangsa, tetapi juga mengandung nilai-nilai edukatif tinggi yang dapat diintegrasikan secara kontekstual dalam dunia pendidikan. Pembelajaran yang memuat muatan lokal merupakan upaya strategis untuk menanamkan rasa cinta tanah air, pelestarian budaya, serta penguatan karakter peserta didik sejak dini.

Di tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, dunia pendidikan dituntut untuk terus berinovasi. Namun demikian, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam kebudayaan tradisional tetap relevan dan berperan penting dalam pembentukan jati diri peserta didik. Integrasi muatan lokal seperti permainan daerah, kesenian tradisional, kuliner khas, kerajinan tangan, hingga cerita rakyat ke dalam proses pembelajaran terbukti mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memudahkan pemahaman materi, serta mendukung kesehatan fisik dan mental melalui pendekatan yang menyenangkan dan dekat dengan kehidupan mereka.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap praktik pembelajaran yang menggali, melestarikan, dan mengembangkan potensi lokal secara inovatif, diselenggarakan Lomba Pembelajaran Bernuansa Muatan Lokal. Melalui kegiatan ini, diharapkan nilainilai lokal yang mendidik dan menginspirasi dapat diwariskan secara berkelanjutan dalam ruang belajar modern.

Tema

Revitalisasi Kearifan Lokal sebagai Inovasi Pembelajaran Berkelanjutan di Era Digital

Jenis Karya

Video

Sinopsis

Tujuan Lomba

  1. Mendorong kreativitas guru dan peserta didik dalam mengembangkan model pembelajaran yang mengintegrasikan kekayaan budaya, kearifan lokal, dan potensi daerah ke dalam proses belajar mengajar.

  2. Menumbuhkan rasa cinta tanah air, identitas budaya, dan kebanggaan terhadap warisan lokal melalui pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan lingkungan sekitar peserta didik.

  3. Melestarikan dan menghidupkan kembali nilai-nilai tradisional melalui pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan permainan, seni, cerita rakyat, bahasa daerah, dan unsur lokal lainnya sebagai media dan sumber belajar.

  4. Meningkatkan kualitas dan keberagaman pembelajaran melalui inovasi berbasis muatan lokal yang dikemas dalam bentuk video pembelajaran inspiratif dan edukatif.

Ketentuan Khusus Lomba

  1. Karya berupa video dan sinopsis dan bersifat individual

  2. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengajukan

  3. satu karya atau kegiatan lomba.

VIdeo

  1. Karya telah diimplementasikan dalam proses pembelajaran atau program kegiatan.

  2. Karya video bersifat orisinal (asli buatan sendiri).

  3. Merupakan program pembelajaran inovatif dan kreatif yang dikembangkan secara mandiri.

  4. Video harus menampilkan situasi proses pembelajaran secara nyata.

Sinopsis

Sinopsis berisikan ringkasan dan informasi penjelas mengenai pembelajaran inovatif yang dilakukan. Unsur penting yang ada dalam sinopsis: Latar Belakang,Narasi yang relevan dengan topik, keunggulan pembelajaran Anda. 

Hubungi Kami

+62822 4283 9446 (Novi Eka)

lipkmn-fkip@ecampus.ut.ac.id

Sistem Penilaian