1. Home
  2. Jenis Lomba
  3. 6. Fun Science

LOMBA FUN SCIENCE

Latar Belakang

Pembelajaran sains sering kali dianggap sulit, abstrak, dan kurang diminati oleh sebagian peserta didik. Hal ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang terlalu teoritis dan kurang mengaitkan konsep-konsep sains dengan kehidupan sehari-hari. Padahal, sains sesungguhnya sangat dekat dengan realitas kehidupan, dan jika disajikan dengan cara yang menyenangkan, dapat menjadi pelajaran yang menarik dan menginspirasi.

Salah satu pendekatan yang mampu menjawab tantangan tersebut adalah Fun Science, sebuah metode kreatif yang bertujuan menghadirkan suasana baru dalam pembelajaran sains. Metode ini berfokus pada bagaimana membuat peserta didik merasa senang, antusias, dan termotivasi dalam memahami materi. Melalui aktivitas langsung (hands-on activity), peserta didik diajak untuk mengeksplorasi konsep-konsep sains dengan cara yang menarik dan aplikatif. Pendekatan ini tidak hanya memudahkan pemahaman, tetapi juga menumbuhkan rasa ingin tahu dan keterlibatan aktif dalam proses belajar.

Sebagai bentuk komitmen untuk mendorong inovasi dalam pembelajaran sains, LIP KMN 2025 menghadirkan lomba bertema Fun Science. Lomba ini menjadi wadah bagi para pendidik dan calon pendidik untuk menampilkan ide-ide kreatif mereka dalam menyampaikan materi sains melalui pendekatan yang menyenangkan, partisipatif, dan mudah dipahami.

Tema

Greenovation in Action: Sains Seru untuk Masa Depan Berkelanjutan

Jenis Karya

Video

Sinopsis

Tujuan Lomba

  1. Mendorong penerapan pendekatan pembelajaran sains yang menyenangkan (Fun Science) untuk meningkatkan minat, motivasi, dan keterlibatan aktif peserta didik dalam memahami konsep-konsep sains.

  2. Mengembangkan kreativitas pendidik dan calon pendidik dalam merancang kegiatan pembelajaran sains berbasis hands-on activity yang kontekstual dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.

  3. Memfasilitasi penyebaran praktik baik (best practices) dalam pembelajaran sains yang inovatif dan inspiratif, sebagai upaya mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan semangat Merdeka Belajar.

  4. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis dan eksploratif, melalui aktivitas pembelajaran sains yang interaktif, eksperimental, dan berorientasi pada pemecahan masalah.

Ketentuan Khusus Lomba

  1. Karya berupa video dan sinopsis.

  2. Karya bersifat individual. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengajukan.

  3. satu karya atau kegiatan lomba.

Video

  1. Peserta wajib memasukkan unsur inovasi dan keberlanjutan (misalnya: menggunakan bahan daur ulang, edukasi tentang energi terbarukan, dll).

  2. Peserta dapat mengumpulkan karya berbahasa Indonesia atau berbahasa Inggris.

  3. Karya berupa proyek pembelajaran atau eksperimen sains yang menyenangkan, misalnya: alat peraga interaktif, video eksperimen, demonstrasi praktikum kreatif, permainan edukatif, dll.

Sinopsis

Sinopsis berisikan ringkasan dan informasi penjelas mengenai proyek Fun Science yang dilakukan. Unsur penting yang ada dalam sinopsis:

Latar belakang memilih ide/topik dalam pembelajaran, narasi yang relevan dengan topik pembelajaran inovatif yang dipilih, keunggulan pembelajaran Anda.

Hubungi Kami

+62 821 1112 8600 (Saddam)

lipkmn-fkip@ecampus.ut.ac.id

Sistem Penilaian