1. Home
  2. Jenis Lomba
  3. 5. Pembelajaran Inovatif

LOMBA PEMBELAJARAN INOVATIF

Latar Belakang

Di era perubahan yang serba cepat dan kompleks, pendidikan dituntut untuk tidak hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga membentuk pribadi yang tangguh, adaptif, dan kreatif. Dalam konteks tersebut, pembelajaran yang bersifat kreatif dan inovatif menjadi kunci penting dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, menyenangkan, dan mampu membangkitkan motivasi internal peserta didik.

Guru sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan di sekolah memiliki peran sentral dalam menciptakan pembelajaran yang berdampak. Oleh karena itu, guru dituntut untuk terus berinovasi dalam merancang strategi, metode, dan media pembelajaran yang relevan, kontekstual, serta mampu mengakomodasi kebutuhan dan karakteristik peserta didik masa kini. Inovasi pembelajaran dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, mulai dari pendekatan tematik, penggunaan teknologi digital, pembelajaran berbasis proyek, hingga pemanfaatan sumber belajar yang kreatif.

Sebagai bentuk apresiasi dan ruang ekspresi bagi para guru, LIP KMN 2025 diselenggarakan untuk mendorong lahirnya berbagai karya inovasi pembelajaran yang telah diterapkan di sekolah. Lomba ini mengangkat praktik nyata pembelajaran inovatif yang dikemas dalam bentuk video sehingga dapat menjadi inspirasi dan referensi bagi guru lain di berbagai jenjang pendidikan. Melalui kegiatan ini, diharapkan terbentuk komunitas pembelajar yang saling berbagi praktik baik (best practices) demi meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia.

Tema

Guru Berkarya, Siswa Berdaya: Mewujudkan Pembelajaran yang Berdampak

Jenis Karya

Foto

Sinopsis

Tujuan Lomba

  1. Mendorong guru untuk terus berinovasi dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang kreatif, kontekstual, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik.

  2. Mengapresiasi karya dan praktik baik guru dalam mengembangkan strategi, metode, dan media pembelajaran yang berdampak positif terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik.

  3. Meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah melalui pemanfaatan pendekatan yang inovatif dan efektif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna.

  4. Mendokumentasikan dan menyebarluaskan praktik pembelajaran inovatif dalam bentuk video agar dapat menjadi sumber belajar dan

Ketentuan Khusus Lomba

  1. Karya berupa video dan sinopsis dan bersifat individual.

  2. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengajukan satu karya atau kegiatan lomba.

Video

  1. Karya telah diimplementasikan dalam proses pembelajaran atau program kegiatan.

  2. Karya video bersifat orisinal (asli buatan sendiri).

  3. Merupakan program pembelajaran inovatif dan kreatif yang dikembangkan secara mandiri.

  4. Video harus menampilkan situasi proses pembelajaran secara nyata.

Sinopsis

  1. Sinopsis berisikan ringkasan dan informasi penjelas mengenai pembelajaran inovatif yang dilakukan. Unsur penting yang ada dalam sinopsis: Latar Belakang, Narasi yang relevan dengan topik, keunggulan pembelajaran Anda.

  2. Sinopsis maksimal 2 halaman.

Hubungi Kami

+62 852 7887 7243 (Apri)

lipkmn-fkip@ecampus.ut.ac.id

Sistem Penilaian