1. Home
  2. Jenis Lomba
  3. 11. Teacherpreneur

LOMBA TEACERPRENEUR

Media Pembelajaran Berbasis Permainan

Latar Belakang

Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi yang sangat pesat, dunia pendidikan menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Guru masa kini dituntut memiliki jiwa kewirausahaan atau yang dikenal dengan istilah teacherpreneurship, sebuah konsep yang menggabungkan peran guru sebagai pendidik sekaligus pengusaha yang kreatif dan inovatif.

Seorang teacherpreneur tidak hanya memiliki kompetensi akademik, tetapi juga menonjolkan kecerdasan emosional dan sosial, kreativitas tinggi, ketekunan, semangat juang yang kuat, fleksibilitas dalam menghadapi perubahan, serta jiwa kepemimpinan yang memotivasi. Sikap dan kemampuan ini memungkinkan guru untuk mengembangkan berbagai inovasi yang aplikatif, baik dalam bentuk metode pembelajaran baru maupun produk bernilai ekonomis yang dapat memberikan manfaat luas bagi peserta didik dan masyarakat.

Peran guru sebagai agen perubahan telah meluas, tidak lagi terbatas pada ruang kelas dan proses pembelajaran konvensional. Guru juga diharapkan mampu menciptakan peluang usaha yang memberdayakan komunitas pendidikan dan meningkatkan kualitas hidup. Melalui pendekatan kewirausahaan, guru dapat menghadirkan inovasi yang berkelanjutan dan berdampak positif secara luas. Dalam konteks ini, Lomba Teacherpreneur hadir sebagai wadah strategis untuk menyalurkan ide-ide kreatif dan semangat kewirausahaan para guru.

Tema

Mengajar, Menginspirasi, dan Menghasilkan

Jenis Karya

Video

Sinopsis

Tujuan Lomba

  1. Mendorong guru untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) sebagai bagian dari pengembangan profesional berkelanjutan.

  2. Mengembangkan kreativitas dan inovasi guru dalam menciptakan produk pembelajaran atau produk bernilai ekonomis yang aplikatif dan bermanfaat.

  3. Memfasilitasi guru dalam menyalurkan ide dan inovasi melalui media video prototipe yang dilengkapi dengan sinopsis.

  4. Meningkatkan peran guru sebagai agen perubahan yang mampu menciptakan peluang usaha dan memberdayakan masyarakat di lingkungan pendidikan.

  5. Menguatkan kemampuan guru dalam mengintegrasikan aspek edukatif dan ekonomis dalam inovasi yang dihasilkan.

  6. Mendukung peningkatan mutu pendidikan melalui pengembangan produk inovatif yang relevan dengan kebutuhan peserta didik dan masyarakat luas.

Ketentuan Khusus Lomba

  1. Karya berupa produk pembelajaran yang telah dikomersialkan, video dan sinopsis.

  2. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengajukan satu karya atau kegiatan lomba.

Video

  1. Karya telah diimplementasikan dalam proses pembelajaran atau program kegiatan nyata.

  2. Karya bersifat orisinal (asli, hasil buatan sendiri dan bukan plagiasi).

  3. Merupakan program pembelajaran kreatif yang dikembangkan secara mandiri oleh peserta.

  4. Video harus menampilkan produk pembelajaran yang telah dikomersialkan dalam konteks proses pembelajaran yang berlangsung secara nyata.

  5. Durasi video maksimal 10 menit.

Sinopsis

Sinopsis berisikan ringkasan dan informasi penjelas produk, yang memuat latar belakang kenapa memilih ide/produk, narasi yang relevan dengan produk, dan keunggulan produk.

Hubungi Kami

+62 852 9326 0345 (Agnisa)

lipkmn-fkip@ecampus.ut.ac.id

Sistem Penilaian