LIP-KMN Tahun 2024
LIP-KMN Tahun ini akan melombakan lima kelompok lomba dengan total 16 (enam belas) jenis lomba
-
Mita Dewi Meijayanti Universitas Terbuka
-
Sri Rohana Fitriyah Universitas Muhammadiyah Cirebon
-
Anisa Dwi Rofiah STKIP PGRI Trenggalek
-
Afrindi Wahita Putri STKIP PGRI Trenggalek
-
Yesita Inka Dela STKIP PGRI Trenggalek
-
Yuli Karomah Universitas Terbuka
8. Seni Tari, Musik dalam Pembelajaran Video dan Sinopsis
Landasan konseptual pendidikan seni adalah pendidikan ekspresi kreatif yang dapat mengembangkan kepekaan apresiasi estetik yang diharapkan dapat membentuk kepribadian manusia seutuhnya seimbang baik secara lahir maupun batin, jasmani maupun rohani. Guru diharapkan kreatif mengolaborasikan seni dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar berupa keterampilan motorik atau psikomotorik, dapat diperoleh melalui pembelajaran gerak lagu dan seni tari yang merupakan salah satu bagian dari pendidikan seni. Lomba seni gerak, tarian dan lagu untuk pembelajaran ini merupakan kreativitas guru dalam pembelajaran yang dapat dikemas dalam sebuah video dilengkapi dengan sinopsisnya. Beberapa contoh video dapat dilihat pada https://sl.ut.ac.id/TariMusikPembelajaran
9. Pembelajaran Bernuansa Muatan Lokal Video dan Sinopsis
Seiring berkembangnya zaman membuat metode pembelajaran ikut berkembang. Bukan berarti metode pembelajaran tradisional harus ditinggalkan begitu saja, karena guru bisa kreatif dan inovatif memanfaatkan permainan tradisional sebagai alat pendukung pembelajaran di sekolah. Kebudayaan tradisional dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik peserta didik dan, saat-saat belajar di sekolah lebih menyenangkan, sehingga materi yang diajarkan oleh guru akan mudah dipahami oleh peserta didik. Eksplorasi kebudayaan Tradisional untuk Pembelajaran untuk pembelajaran ini merupakan kreativitas guru dalam pembelajaran yang dapat dikemas dalam sebuah video dilengkapi dengan sinopsisnya. Berbagai contoh tentang pembelajaran bernuasan muatan local dapat dilihat pada link https://sl.ut.ac.id/PembelajaranKearifanLokal
10. Musikalisasi Puisi Video dan sinopsis
Musikalisasi puisi merupakan suatu bentuk perpaduan seni antara musik dan sastra atau suatu kegiatan pengapresiasian puisi yang dipadukan dengan musik. Pada prosesnya, karya puisi yang telah ada dilagukan oleh pemusik, atau pemusik menawarkan musiknya kepada sastrawan atau peminat sastra untuk menambahkan musik ke dalam sebuah puisi. Perpaduan tersebut dikenal dengan istilah musikalisasi puisi. Musikalisasi puisi ini memiliki fungsi di antaranya, memudahkan upaya sosialisasi puisi kepada masyarakat, lebih merangsang minat masyarakat dalam memasuki dunia sastra, memberi alternatif penafsiran kandungan suatu puisi, memperkuat daya sentuh lewat representasi, memperkuat aspek-aspek bunyi. Untuk menyalurkan minat mahasiswa UT dalam berkreasi khususnya dalam bidang musikalisasi puisi maka FKIP UT mewadahinya dalam gelar lomba kreativitas LIP KMN FKIP UT. Beberapa contoh dapat dilihat pada link https://sl.ut.ac.id/MusikalisasiPuisi
11. Teacherpreneur Video dan sinopsis
Untuk meningkatkan kualitas guru dan melaksanakan pengembangan keprofesiannya, tidak cukup hanya dengan pemenuhan kualifikasi akademik, guru harus memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) yang dinamakan teacherpreneurship. Adapun ciri-ciri wirausaha (entrepreneur) sukses yaitu memiliki berbagai atribut pribadi seperti cerdas, kreatif, pekerja keras, tekun, semangat, fleksibel, berjiwa pemimpin, dan percaya diri. Sebaiknya guru diharapkan mempunyai jiwa kreatif dan inovatif menciptakan prototype dalam mengembangkan metode pembelajaran. Lomba teacherpreneur penciptaan prototype berbagai produk inovasi bernilai ekonomis ini merupakan kreativitas guru dalam mengembangkan prototype produk pembelajaran dan produk bernilai ekonomis lainnya, yang dapat dikemas dalam sebuah video dilengkapi dengan sinopsisnya. Beberapa contoh pada link https://sl.ut.ac.id/Teacherrpreneur
12. Tagline FKIP (Khusus mahasiswa FKIP-UT) Video dan sinopsis
Dalam era digital saat ini, setiap lembaga dituntut untuk terus mampu bersaing dan mempromosikan kualitas terbaiknya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menciptakan tagline yang menarik. Tagline tidak hanya sekedar slogan, tapi juga merupakan identitas dan ciri khas sebuah lembaga. Untuk menjadikan FKIP-UT semakin dikenal luas baik dari segi keunggulan, dan kualitas, pada LIP KMN tahun 2023 ini dihadirkan program lomba menciptakan Tagline FKIP-UT. Karya yang dihasilkan diharapkan dikemas semenarik mungkin dan didukung oleh teknologi audiovisual dengan kualitas terbaik. Contoh karya tagline FKIP-UT dapat dilihat pada link berikut ini: https://sl.ut.ac.id/TaglineLIPKMN
13. Tiktok Edukasi Video dan sinopsis
Tiktok Edukasi merupakan sebuah video singkat tentang pembelajaran yang di dalamnya berisikan tentang informasi dan kegiatan pembelajaran yang disertai dengan music, video note, dan teks yang mudah digunakan sehingga membuat penggemar tiktok makin tertarik dengan konten edukasi tiktok tersebut. Tiktok yang berisi konten edukasi ini dapat menyalurkan ekspresi kreatif dari para pembuatnya serta memberikan motivasi bagi para penikmat tiktok edukasi ini. Berkaitan dengan hal tersebut, maka LIP KMN FKIP UT memberikan kesempatan kepada para mahasiswa UT terutama insan-insan pendidik untuk menyalurkan bakat dan hobinya dalam membuat tiktok yang bermuatan edukasi ini. Peraturan dan contoh dapat dilihat pada link https://sl.ut.ac.id/TiktokEdukasi
14. Teach Tuber Video dan sinopsis
Youtube merupakan wadah untuk menggali berbagai informasi serta memungkinkan sharing ilmu antara pembuat konten dan penonton. Pergeseran pola pembelajaran di era digital menempatkan Youtube menjadi media popular untuk digunakan dalam kegiatan belajar, seperti belajar mandiri. Fenomena ini diperkuat dengan fakta banyaknya guru-guru yang aktif memposting video pembelajaran dan bahkan sebagian besar chanel youtube-nya telah menghasilkan uang untuk setiap video yang ditonton. LIP KMN memberikan kesempatan bagi mahasiswa keguruan dan ilmu pendidikan untuk berpartisipasi dalam mengirimkan karya terbaiknya untuk diikutsertakan pada lomba dengan jenis program “Teach-Tuber”. Contoh Produk dapat dilihat pada tautan berikut ini: https://sl.ut.ac.id/TeachTuberLIPKMN
15. Dakwah Digital Video dan Laporan
Perkembangan teknologi digital tidak bisa dihindari dan telah mengubah cara manusia berkomunikasi dan mengakses informasi. Agar dakwah tetap relevan, perlu ada adaptasi dengan teknologi ini. Penggunaan media sosial, situs web, aplikasi mobile, dan platform streaming adalah alat-alat penting untuk menyampaikan pesan dakwah secara efektif kepada generasi yang lebih muda yang lebih akrab dengan teknologi. Digitalisasi dakwah memungkinkan penyampaian pesan yang lebih efisien dan efektif. Melalui platform digital, materi dakwah dapat disebarkan dalam bentuk teks, audio, dan video yang dapat diakses kapan saja. Ini membuat penyampaian pesan lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan audiens yang berbeda-beda. Lomba konten dakwah digital ini berfokus pada tiga aplikasi yang paling banyak digunakan oleh generasi muda yaitu TikTok, Instagram dan Youtube Shorts. Contoh Produk dapat dilihat pada tautan berikut ini: https://sl.ut.ac.id/DakwahDigitalLIPKMN
16. Artikel Ilmiah Artiel, Form Bebas Plagiasi (bukti hasil turnitin)
Artikel ilmiah merupakan karya ilmiah yang memaparkan ide/gagasan penulis mengenai permasalahan atau topik yang berhubungan dengan teori dalam bidang pendidikan, bersumber dari hasil kegiatan penelitian atau pengabdian kepada masyarakat (PkM) (misalnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK), studi kasus, praktik lapangan, KKN). Selain itu artikel ilmiah yang dikembangkan dapat berupa studi literatur yakni melakukan identifikasi, evaluasi dan sintesis terhadap hasil pemikiran dari para peneliti dan praktisi sebelumnya. Adapun substansi artikel mencakup judul, abstrak, latar belakang, metode, hasil dan pembahasan dan kesimpulan serta daftar Pustaka. Selain itu mekanisme artikel mempertimbangkan similaritis dengan persentase ≤ 20%.