1. Home
  2. Jenis Lomba
  3. 7. Media Pembelajaran Berbasis Permainan (Edu-Games)

LOMBA EDU GAMES

Media Pembelajaran Berbasis Permainan

Latar Belakang

Perkembangan teknologi dan perubahan karakter peserta didik di era digital menuntut adanya inovasi dalam proses pembelajaran di sekolah. Salah satu pendekatan yang dinilai efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar peserta didik adalah penggunaan media pembelajaran berbasis permainan (Edu- Games). Edu-Games merupakan media edukatif yang dirancang dengan menggabungkan unsur permainan ke dalam pembelajaran, sehingga proses transfer ilmu pengetahuan dari guru kepada peserta didik menjadi lebih menyenangkan, interaktif, dan bermakna.

Dengan pendekatan berbasis permainan, konsep-konsep pembelajaran yang abstrak dan sulit dipahami dapat diubah menjadi lebih konkret, menarik, dan mudah dipahami. Edu-Games juga memungkinkan peserta didik untuk belajar melalui pengalaman langsung, keterlibatan aktif, serta penguatan kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif. Hal ini sejalan dengan prinsip pembelajaran abad ke-21 dan penguatan karakter melalui kegiatan yang memadukan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara terpadu.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap kreativitas guru, Lomba Media Pembelajaran Berbasis Permainan (Edu-Games) diselenggarakan sebagai wadah untuk menampilkan karya media pembelajaran yang inovatif dan inspiratif. Serta dapat menjadi sumber inspirasi bagi pendidik lain dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.

Tema

Dari Imajinasi ke Inovasi: Edu-Games untuk Generasi Cerdas

Jenis Karya

Video

Sinopsis

Tujuan Lomba

  1. Mendorong kreativitas dan inovasi guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan yang mampu meningkatkan motivasi, partisipasi, dan pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran.

  2. Menyediakan wadah apresiasi dan ekspresi bagi guru dalam menampilkan karya media pembelajaran kreatif yang menggabungkan unsur edukatif dan hiburan secara seimbang.

  3. Memfasilitasi pertukaran ide dan praktik baik (best practices) dalam penggunaan Edu-Games sebagai media pembelajaran yang kontekstual, menyenangkan, dan efektif.

  4. Mengoptimalkan pemanfaatan media interaktif dan berbasis pengalaman (experiential learning) dalam proses pembelajaran untuk membentuk kompetensi abad ke-21 seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi.

Ketentuan Khusus Lomba

  1. Karya berupa Video dan sinopsis.

  2. Karya dapat dibuat individu atau tim maksimal 3 orang.

  3. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim satu karya kegiatan lomba.

Video

  1. Media yang dibuat harus berupa permainan edukatif (digital maupun non-digital) yang digunakan dalam proses pembelajaran.

  2. Karya harus orisinal, bukan hasil plagiasi.

  3. Media dapat berupa board game, card game, quiz game, role play game, digital app game, maupun permainan kontekstual lainnya.

  4. Video menampilkan penjelasan dan demonstrasi cara penggunaan media dalam pembelajaran berbasis permainan (edu-games), dengan durasi 10-15 menit.

  5. Media harus sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan dan jenjang pendidikan (PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, atau sederajat).

Sinopsis

Sinopsis memuat: Judul Media Edu-Games, Tujuan Pembelajaran, Deskripsi Singkat Permainan, Cara Bermain, Inovasi dan Keunggulan Media dan Kesesuaian dengan Kurikulum (Maksimal 1 halaman, format PDF atau Doc).

Hubungi Kami

+62 823 6751 9524 (Sari)

lipkmn-fkip@ecampus.ut.ac.id

Sistem Penilaian