1. Home
  2. Jenis Lomba
  3. 2. Fotografi Pembelajaran

LOMBA FOTOGRAFI PEMBELAJARAN GENERASI TANGGUH

Latar Belakang

Dalam era pendidikan yang terus berkembang, proses pembelajaran tidak lagi terbatas pada metode konvensional, melainkan menuntut kreativitas, inovasi, dan adaptasi dari para pendidik. Guru dituntut untuk mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan bermakna bagi peserta didik. Kreativitas dalam pembelajaran dapat diwujudkan melalui berbagai pendekatan, strategi, dan media yang beragam, yang pada akhirnya mampu membentuk generasi yang tangguh, mandiri, dan adaptif terhadap perubahan zaman.

Salah satu cara untuk mengapresiasi sekaligus menyebarluaskan praktik baik dalam pembelajaran adalah melalui fotografi. Foto tidak hanya menjadi dokumentasi visual, tetapi juga sarana untuk menyampaikan pesan, emosi, dan semangat yang terkandung dalam proses belajar mengajar. Melalui gambar, inspirasi dan inovasi yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran dapat tersampaikan secara kuat kepada khalayak luas, khususnya kepada sesama pendidik.

Lomba Fotografi Pembelajaran yang diselenggarakan oleh LIP KMN 2025 merupakan ajang bagi mahasiswa keguruan dan ilmu pendidikan untuk menampilkan momen-momen inspiratif dalam aktivitas pembelajaran. Dokumentasi visual ini diharapkan mampu menjadi referensi dan motivasi bagi para calon guru dan praktisi pendidikan dalam mengembangkan pola pembelajaran yang kreatif, kolaboratif, dan berorientasi pada pembentukan karakter peserta didik.

Tema

Potret Pembelajaran Bermakna

Jenis Karya

Foto

Sinopsis

Tujuan Lomba

  1. Mendorong mahasiswa untuk terlibat aktif dalam mendokumentasikan praktik pembelajaran yang membentuk karakter generasi tangguh.

  2. Menyediakan ruang ekspresi visual bagi calon pendidik untuk menampilkan keunikan dan nilai-nilai dalam aktivitas pembelajaran.

  3. Menyebarluaskan praktik baik dalam pembelajaran kepada komunitas pendidikan melalui fotografi.

  4. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya visualisasi proses pembelajaran sebagai sumber inspirasi dan refleksi bagi para pendidik.

  5. Merepresentasikan praktik baik dalam pembelajaran serta menjadi inspirasi dan refleksi dalam pengembangan pendidikan di Indonesia.

Ketentuan Khusus Lomba

  1. Karya berupa foto dan sinopsis.

  2. Fotografi dalam pembelajaran adalah dokumentasi visual berupa foto yang menunjukkan aktivitas pembelajaran, baik di dalam kelas maupun di luar kelas, yang menggambarkan momen autentik interaksi belajar, keterlibatan peserta didik, strategi pembelajaran, serta suasana edukatif lainnya.

  3. Lomba bersifat perorangan.

  4. Foto yang dikirim harus menunjukkan aktivitas pembelajaran, baik yang berlangsung di dalam kelas (seperti diskusi, presentasi, demonstrasi, pembelajaran berbasis masalah) maupun di luar kelas (seperti praktik lapangan, kunjungan belajar, proyek masyarakat atau kegiatan belajar di alam terbuka).

  5. Setiap peserta dapat mengirim maksimal 3 foto, masing-masing berukuran hingga 100 MB. Jika ukuran melebihi 100 MB, unggah ke Google Drive dan kirimkan tautannya kepada panitia.

  6. Setiap foto wajib disertai sinopsis atau deskripsi (caption) maksimal 100 kata.

  7. Foto diambil sendiri dan belum pernah dipublikasikan untuk lomba lain.

  8. Penggunaan filter atau pengeditan foto diperbolehkan.

Hubungi Kami

+62 813 9003 3358 (Mudayat)

lipkmn-fkip@ecampus.ut.ac.id

Sistem Penilaian