1. Home
  2. Jenis Lomba
  3. 1. Microteaching

LOMBA MICROTEACHING

Latar Belakang

Microteaching merupakan suatu pendekatan dalam pelatihan keterampilan mengajar yang dilakukan dalam skala kecil, baik dari segi waktu, jumlah siswa, maupun ruang lingkup materi. Model ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada calon guru atau pendidik dalam menguasai dan menerapkan kompetensi dasar mengajar secara efektif sebelum terjun ke kelas yang sesungguhnya.

Dalam konteks pendidikan masa kini, kemampuan pedagogis dan profesional guru sangat menentukan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, microteaching menjadi sarana penting untuk mengasah keterampilan mengajar seperti membuka dan menutup pelajaran secara sistematis, menjelaskan materi dengan jelas dan menarik, mengelola kelas secara efektif, serta menggunakan variasi metode dan teknik pembelajaran secara kreatif.

Selain itu, keterampilan dalam memberikan penguatan, membimbing diskusi, serta mengajukan pertanyaan yang mampu merangsang minat belajar peserta didik juga menjadi indikator penting dalam penilaian praktik mengajar. Melalui lomba Microteaching ini, diharapkan peserta dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam mendesain dan menyampaikan proses pembelajaran yang inovatif, efektif, serta berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan.

Tema

Teaching for Transformative Change: Inovasi Pembelajaran Menuju Keberlanjutan

Jenis Karya

Video

Sinopsis

Tujuan Lomba

  1. Meningkatkan keterampilan pedagogis peserta, khususnya dalam aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.

  2. Memberikan wadah bagi mahasiswa, calon guru, atau praktisi pendidikan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam praktik mengajar.

  3. Mendorong peserta untuk menerapkan pendekatan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan berpusat pada peserta didik.

  4. Menjadi ajang untuk berbagi praktik baik dalam strategi dan metode pembelajaran.

  5. Menumbuhkan semangat kompetitif yang sehat dalam meningkatkan profesionalisme di bidang pendidikan.

  6. Mempersiapkan calon pendidik yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan pembelajaran abad ke-21.

Ketentuan Khusus Lomba

Karya berupa video dan sinopsis.

Video

  1. Durasi video maksimal 10 menit.

  2. Karya harus orisinal, bukan hasil plagiasi, dan dibuat sendiri oleh peserta.

  3. Merupakan program pembelajaran kreatif yang dikembangkan secara mandiri.

  4. Video harus menampilkan proses pembelajaran secara nyata.

Sinposis

  1. Sinopsis berisi ringkasan singkat mengenai konteks pembelajaran, tujuan, metode yang digunakan dan bentuk inovasi/kreativitas yang ditampilkan

  2. Ditulis dalam format naratif sepanjang 300-500 kata.

  3. Disertai identitas peserta (Nama, NIM, program studi, institusi) Disusun secara sistematis, komunikatif, dan mudah dipahami.

Hubungi Kami

+62 878 4148 7696 (Anugrah)

lipkmn-fkip@ecampus.ut.ac.id

Sistem Penilaian